Prodi Akuntansi 

Page: 1 2 ()

Matakuliah Pendidikan Anti Korupsi dengan bobot 1 sks berisi materi : bentuk-bentuk korupsi, faktor penyebab korupsi, dampak masif korupsi, nilai-nilai anti korupsi dan upaya pencegahan korupsi. Tujuan mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah  mahasiswa dapat memahami nilai-nilai anti korupsi sehingga menumbuhkan kesadaran diri dan terbentuk karakter yang anti terhadap korupsi.

Mata Kuliah Sistem Pengendalian Manajemen.

Sistem Pengendalian manajemen merupakan salah satu fungsi yang penting. Pandangan kuno menyebutkan SPM merupakan cybernetic yang sederhana atau sistem pengaturan yang melibatkan umpan balik tunggal, membandingkan ukuran dengan standar yang diinginkan. Lebih umum, SPM memfokuskan pada pemberian dorongan karyawan untuk melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan. Artinya, pengendalian manajemen bersifat proaktif daripada reaktif.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah Kantor Pusat dan Cabang,  mampu menyusun laporan keuangan gabungan pusat dan cabang serta menampilkan sesuai SAK

Mata kuliah Pengantar Bisnis merupakan salah satu mata kuliah
prasyarat yang memberikan kerangka dasar bagi mahasiswa untuk
mempelajari mata kuliah-mata kuliah lanjutan dan inti (mata kuliah
Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen
Pemasaran, dan Manajemen Keuangan) di Program Studi Manajemen. BMP
Pengantar Bisnis bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa
tentang bagaimana suatu organisasi bisnis berupaya mencapai tujuan
organisasinya dengan melakukan analisis terhadap lingkungannya untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang tidak terbatas dengan
sumber-sumber yang terbatas.

Topik perkuliahan ini untuk membahas kondisi2 perusahaan di Indonesia yang masih perlu dikembangkan dan juga kegiatan kegiatan bisnis yang tidak saja yang dilakukan oleh perusahaan2 industri dan jasa akan tetapi kegiatan2 bisnis yang dilakukan oleh perorangan (kewirausahaan) disamping itu juga  memang ada penekanan2 tertentu dari materi ini yang berkaitan dengan fungsi-fungsi perusahaan sampai kepada alat-alat manajemen yang digunakan oleh perusahaan didalam menjalankan kegiatan operasionalnya.


Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila sebagai bagian dari pendidikan Nasional bertujuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.


Akuntansi manajemen merupakan salah satu bidang ilmu akuntansi. Mata kuliah ini akan menjelaskan berbagai konsep, metode dan perekayasaan dalam melakukan penyusunan laporan keuangan yang akan dipergunakan oleh pihak intern (manajemen) dalam pengambilan keputusan manajerial.


Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan akuntansi internasional, pelaporan dan pengungkapan internasional, translasi mata uang asing, pelaporan keuangan dan perubahan harga, akuntansi dalam lingkup global, manajemen resiko dan perpajakan internasional


Matakuliah Akuntansi Perpajakan membahas tentang ..........

Mata kuliah ini membahas mengenai transaksi keuangan entitas syariah serta menyajikannya  ke dalam laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan secara baik dan benar.


Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa (A) mampu mencatat (Bc1) dan mengklasifikasikan (Ba3) transaksi keuangan entitas syariah serta menyajikannya (Bp5) ke dalam laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan secara baik dan benar (D).

Mata kuliah ini membahas pengertian laporan keuangan, bentuk-bentuk laporan keuangan

Matakuliah Hukum Bisnis membahas aspek-aspek hukum Lembaga Keuangan yang penting dalam kegiatan bisnis

Mata kuliah Hukum Pajak mempelajari hukum pajak  formal yang meliputi dasar-dasar filosofi, undang-undang, dan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.


untuk mewujudkan capaian pembelajaran dari mata kuliah kewirausahaan dan koperasi yaitu Mahasiswa diharapkan mampu  Mewujudkan  pengusaha pengusaha baru, maka materi akan di bahas Memahami Konsep wirausaha, Konsep Berpikir Peruabahan, Berfikir Kreatif, Tindakan sebagai seorang Wirausaha, Pengambilan Risiko dalam Berwirausaha, Kepemimpinan dalam berwirausaha, Etika Bisnis dalam berwirausaha, Faktor “X”, mencari Gagasan Usaha, Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha, Memulai Sebuah Usaha Baru, Perencanaan Bisnis, Membuat Rencana Bisnis Sederhana.

Akuntansi Perpajakan

Page: 1 2 ()