Prodi Teknik Informatika 

Page: 1 2 ()

Sistem Digital merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi S1 Teknik Informatika dengan beban 3 sks. Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip dasar dari sistem digital dan mencakup sistem bilangan dan sistem kode, aljabar Boole, gerbang logika, penyederhanaan rangkaian logika (peta Karnaugh), rangkaian aritmatika, decoder, multiplexer, encoder, flip-flop (bistabil), dan counter serta berbagai aplikasi rangkaian digital. Diharapkan, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mempunyai gambaran dan pemahaman tentang sistem digital

Matakuliah ini menjelaskan konsep dan arsitektur framework, menyebutkan fungsi-fungsi dalam pemrograman framework, memilih framework, menerapkan frontend dan backend framework, mengintegrasikan frontend dan backend framework serta Mampu membangun aplikasi menggunakan framework dengan ketentuan minimal 3 tabel master dan satu tabel transaksional dengan baik dan benar

Pemrograman Dasar memaparkan tentang filosofi dan teknik-teknik pembuatan program komputer. Untuk kurikulum saat ini, bahasa pemrograman yang dipilih adalah Java.

Sebelum memasuki topik pembuatan program, dijelaskan terlebih dahulu tentang filosofi pembuatan program komputer, dengan tujuan membangkitkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya membuat program.

Materi pemrograman yang diberikan dalam mata kuliah ini adalah:

  1. tipe data
  2. variabel
  3. konstanta
  4. alur proses bercabang
  5. alur proses berulang
  6. subprogram: prosedur, fungsi
  7. variabel array 2-dimensi

Mata kuliah ini mempelajari : 

  1. Konsep dasar Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
  2. Penerapan konsep PBO ke bahasa pemrograman Java untuk memecahkan suatu studi kasus

Matakuliah ini mengajarkan keterampilan dalam membangun relasi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula disbanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Mata kuliah ini mengajarkan Pemrograman dalam jaringan lokal maupun internet berbasiskan client server, dengan gaya pemrograman berbasis pada desktop ataupun berbasiskan pada web.

Mobile Game Programming

network game programming

Mata kuliah ini mengajarkan hubungan serta interaksi antara manusia dengan komputer, dalam hal desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif (antarmuka interaktif) yang digunakan oleh manusia dan juga mempelajari fenomena yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dengan komputer.

Sistem kendali cerdas

Page: 1 2 ()