Prodi Teknik Informatika 

Page: 1 2 3 4 ()

Sistem Pendukung Keputusan dalam Penyelesaian masalah - masalah dalam dunia industri (Management, Pabrik, dll) dengan menggunakan metode kuantitatif

Dasar - Dasar Logika

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan komputasi kepada mahasiswa agar mampu menganalisa permasalahan numerik dan melakukan komputasi untuk mencari solusi pendekatan dengan metode yang benar, baik secara mandiri atau juga dalam kerjasama tim.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah ini adalah:

  1. Mahasiswa mampu menganalisa galat dan kekovergenannya dari suatu penyelesaian numerik.
  2. Mahasiswa mampu secara aktif menyusun algoritma penyelesaian masalah matematika dengan pendekatan numerik 
  3. Mahasiswa dapat mengimplementasikan pendekatan numerik ke dalam bahasa pemrograman MATLAB untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan numerik untuk berbagai aplikasi multidisiplin sains dan teknologi.


Pokok Pembahasan Untuk Mata Kuliah ini:

  • Pengantar Komputasi Numerik - Bilangan Berarti - Pembulatan Bilangan - Kesalahan Pembulatan - Deret Taylor
  • Akar Persamaan: Metode Akolade - Metode Grafik - Metode Tabulasi - Metode Bolzano - Metode Regula Falsi - Metode Faktorisasi - Metode Quotient-Difference
  • Akar Persamaan: Metode Terbuka - Metode Iterasi - Metode Newton-Raphson - Metode Secant - Penanganan Akar Ganda 
  • Akar pada Polinomial - Polinomial pada Teknik dan Sains - Metode Muller - Metode Bairstow
  • Pencocokan Kurva (Mengaproksimasi Bentuk Fungsi): Regresi Kuadrat Terkecil - Regresi Linier - Regresi Polynomial 
  • Pencocokan Kurva (Mengaproksimasi Nilai Fungsi): Interpolasi - Konsep Beda-Hingga - Interpolasi Newton-Gregory - Interpolasi Gauss - Interpolasi Lagrange - Interpolasi Hermite
  • Diferensiasi Beda-Hingga - Interpolasi Newton-Gregory - Interpolasi Gauss - Interpolasi Lagrange - Interpolasi Hermite
  • Integrasi Numerik - Metode Trapezioda - Metode Simpson - Metode Kuadratur - Metode Rhomberg
  • Persamaan Diferensial Biasa - Metode Euler-Cauchy - Metode Heun - Metode Picard - Metode Taylor - Metode Runge-Kutta - Metode Adam - Metode Milne - Metode Adam-Moulton
  • Persamaan Diferensial Parsial - PDP Elliptik - PDP Parabolik - PDP Hiperbolik

Referensi Mata Kuliah

  • Chapra, S.C., Canale, R.P., ”Numerical Methods for Engineers 6th Ed”, McGraw-Hill, 2010
  • Hariadi, V., ”Bahan Ajar Komputasi Numerik”, 2014

Algoritma & Kompleksitas

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep dasar internet dalam pemrograman web dan pemanfaatannnya untuk mendistribusikan informasi melalui web, yaitu:

  • Mahasiswa memiliki pemahaman terhadap berbagai teknik serta bahasa pemrograman yang bisa diterapkan dalam membangun aplikasi berbasis web.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan dalam memilih arsitektur maupun teknologi yang sesuai untuk pengembangan aplikasi berbasis web.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan dalam mengolaborasikan teknologi-teknologi basis data yang ada untuk menerapkan dinamisasi aplikasi web.

Mata Kuliah Rangkaian Listrik ini mempelajari tentang pengertian listrik DC, Hukum dasar kelistrikan, menganalisis rangkaian dengan satu sumber maupun dua sumber, pengertian listrik AC, menggunakan bilangan kompleks untuk analisis dasar rangkaian listrik AC, menggunakan analisis dasar rangkaian AC satu fasa, menganalisis daya dan faktor daya, pengertian prinsip tiga pasa, sambungan bintang, sambungan segitiga, pengukuran daya tiga fasa.

Mata Kuliah Sistem Basis Data Lanjut ini mempelajari tentang database dan sekaligus pengalaman bagi mahasiswa dalam membangun dan mengelola database. Topik-topik yang dipelajari meliputi; pemahaman mengenai database, perintah dasar dan lanjut dalam mengelola database menggunakan DBMS MySQL, ERD, dan Nomalisasi.

Sistem Cerdas adalah (intelligent system) adalah sistem yang dibangun dengan menggunakan teknik-teknik artificial intelligence. Mata kuliah ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama terdiri dari: dasardasar logika fuzzy, teori himpunan fuzzy, fuzzifikasi, defuzzifikasi, inferensi, dan aplikasi fuzzy untuk kendali. Bagian kedua terdiri dari: dasar-dasar jaringan syaraf tiruan, jaringan saraf tiruan tipe perceptron dan backpropagation, serta aplikasi jaringan saraf tiruan, khususnya untuk sistem kendali dan metode-metode lainnya. Setelah mengikuti kuliah ini, diharapkan mahasiswa memahami tentang intelligent control (kendali cerdas), khususnya Pengendali Logika Fuzzy dan Jaringan Saraf Tiruan.


KataTechnopreneurshipmerupakan gabungan dari “Technology” dan “Entrepreneurship” yang dapat disimpulkan sebagai proses pembentukan dan kolaborasi  antara bidang usaha dan penerapan teknologi sebagai instrumen pendukung dan sebagai dasar dari usaha itu sendiri, baik dalam proses, sistem, pihak yang terlibat, maupun produk yang dihasilkan.

Teori Bahasa

Teori bahasa membicarakan bahasa formal (formal language), terutama untuk kepentingan perancangan kompilator (compiler) dan pemroses naskah (text processor). Bahasa formal adalah kumpulan kalimat. Semua kalimat dalam sebuah bahasa dibangkitkan oleh sebuah tata bahasa (grammar) yang sama. Sebuah bahasa formal bisa dibangkitkan oleh dua atau lebih tata bahasa berbeda. Dikatakan bahasa formal karena grammar diciptakan mendahului pembangkitan setiap kalimatnya. Bahasa manusia bersifat sebaliknya; grammar diciptakan untuk meresmikan kata-kata yang hidup di masyarakat. Dalam pembicaraan selanjutnya ‘bahasa formal’ akan disebut ‘bahasa’ saja.

Automata

Automata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali (recognize), menerima (accept), atau membangkitkan (generate) sebuah kalimat dalam bahasa tertentu.

Matakuliah ini mengajarkan beberapa teknik dalam data mining, seperti Klasifikasi, Clustering, Assosiation Rule Mining

MINGGU KE MATERI
I Pengantar Kalkulus 2: Pengantar Luasan,
II Integral tertentu (jumlahan rieman) dan sifatnya
III Integral tertentu (jumlahan rieman) dan sifatnya
IV integral dasar, Tes terstruktur 1
V metode substitusi
VI fungsi transenden 1:  logaritma alam
VII fungsi transenden 2: fungsi invers
UTS
VIII Bahas uts  +  review P7
IX fungsi transenden 3: fs eksponen
X Teknik integrasi 1:
XI Teknik integrasi 2:
XII Teknik integrasi 3:
XIII Teknik integrasi 4:
XIV Teknik integrasi 5:  Tes terstruktur
UAS

Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip membuat skenario untuk desain game komputer. Materi meliputi:

  • Video Game (Platform, Genre)
  • Desain Concept Game 
  • Struktur Game
  • Desain Elemen Formal Game--> GOMS (Goals, Operator, Model, Selection)--> Free Mind
  • Desain Elemen Dramatis (Ability Challenge)
  • Desain Finite State Machine (FSM)
  • Desain Storyboard
  • Desain Storytelling

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (Maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (Dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (Robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (Usability)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai konsep dasar internet dalam pemrograman web dan pemanfaatannnya untuk mendistribusikan informasi melalui web, yaitu:

  • Mahasiswa memiliki pemahaman terhadap berbagai teknik serta bahasa pemrograman yang bisa diterapkan dalam membangun aplikasi berbasis web.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan dalam memilih arsitektur maupun teknologi yang sesuai untuk pengembangan aplikasi berbasis web.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan dalam mengolaborasikan teknologi-teknologi basis data yang ada untuk menerapkan dinamisasi aplikasi web.

Pada mata kuliah ini diajarkan berbagai macam struktur data yang dapat diimplementasikan dalam program komputer. Pokok Bahasan meliputi : Abstract Data Type(ADT), Representasi lojik list berkait linier, Representasi fisik list berkait dengan pointer, Representasi lojik list berkait kontigu, Variasi bentuk list berkait (Single-Linked List, Double-linked list, circular list),  Studi kasus list berkait, Stack, Queue,  Tree, penelusuran preorder inorder postorder, Graf, algoritma : BFS, DFS, Topological Sort, dan Himpunan (set).

Page: 1 2 3 4 ()