Prodi Teknik Informatika 

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula disbanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Mata kuliah ini mengajarkan Pemrograman dalam jaringan lokal maupun internet berbasiskan client server, dengan gaya pemrograman berbasis pada desktop ataupun berbasiskan pada web.

Mobile Game Programming

network game programming

Mata kuliah ini mengajarkan hubungan serta interaksi antara manusia dengan komputer, dalam hal desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif (antarmuka interaktif) yang digunakan oleh manusia dan juga mempelajari fenomena yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dengan komputer.

Sistem kendali cerdas

Mata Kuliah ini membahas tentang desain dan pemrograman untuk membuat sistem berbasis web yang dapat di digunakan atau diaplikasikan pada web browser kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan internet. Pada mata kuliah ini akan diajarkan mulai dari dasar-dasar atau pengenalan web hingga pembuatan aplikasi(sistem informasi) berbasis web yang melibatkan transaksional data.

Mahasiswa dapat memahami cara kerja sebuah sistem pakar berdasarkan arsitektur dan komponen-komponennya serta mampu membuat aplikasi sistem pakar sederhana
Mata kuliah sistem digital akan mempelajari ......

Mahasiswa memiliki pengetahuan terhadap metodologi pembangunan perangkat lunak melalui pendekatan struktur dan obyek, memahami teknik pengujian perangkat lunak, dan teknik perawatan perangkat lunak.

Learning outcome: ......

Pengenalan mengenai komputer dan sistem informasi serta teknologi informasi

Matakuliah yang membahas metode pencarian solusi melalui proses pembelajaran dari data set untuk mendapatkan hasil optimal

Mata kuliah ini mempelajari tentang bagaimana membuat perancangan basis data, implementasi basis data dalam dunia nyata serta bagaimana gambaran secara umum konsep DBMS dan pemrosesannya.