Prodi Ilmu Hukum 

Page: 1 2 ()

Sosiologi Hukum sebagai bagian dari ilmu hukum yang mengajarkan tentang bagaimana hukum yang berhadapan dengan masyarakat.

Hukum Acara Pidana memiliki bobot 4 SKS merupakan bagian dari keseluruhan
hukum di Indonesia yang memberikan dasar-dasar dan aturan-aturan yang
menentukan prosedur pemeriksaan perkara pidana yang dimulai dari pemeriksaan Pra Ajudikasi, Ajudikasi dan Pasca Ajudikasi.


 Hukum transportasi membahas tentang transportasi yang ada diIndonesia dengan ketentuan perundang-undangan nasional. Arti penting transpotasi dalam kehidupan sehari-hari, Perjanjian transportaasi, Subyek  dan obyek hokum transportasi, prinsip tanggung jawab pengangkut, Hubungan hokum para pihak dalam transportasi serta penyelenggaraan transportasi meliputi transportasi darat dengan kereta api berdasarkan UU No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Transpotasi lalu lintas berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009. Transportasi laut / pelayaran diatur dalam UU No.17 Tahun 2008 serta tranportasi udara berdasarkan UU No.1 Tahun 2009.tentang Penerbangan.


HUKUM PERBANKAN (BANKING LAW) merupakan seperangkat kaidah hukum dalam bentuk peraturan perundang undangan, yurisprudensi, doktrin, dan lain-lain sumber hukum yang mengatur masalah-masalah perbankan sebagai lembaga, dan aspek kegiatannya sehari-hari, rambu-rambu yang harus dipenuhi oleh suatu bank.

Mata Kuliah ini mempelajari tentang dasar filsafat hukum

Mata kuliah ini mempelajari tentang Hukum Pertanahan, ......

Materi persaingan usaha tidak sehat membahas berkaitan dengan etika bisnis dalam dunia perdagangan. Mata kuliah hukum persaingan usaha tidak sehat ini memberikan penjelasan mulai dari etika bisnis dari sisi sejarah dan prinsip-prinsipnya samapai pada munculnya pengaturan hukum persaingan usaha, macam-macam perjanjian dan kegiatan bisnis yang dilarang dan pengawasan serta penegakan persaingan usaha. Dengan mempelajari Hukum Persaingan Usaha ini, maka mahasiswa diharapkan mampu membedakan dan mampu menjelaskan persaingan usaha yang sehat dan persaingan usaha yang curang sampai pada upaya pengawasan dan penegakkan hukumnya.


Hukum asuransi adalah kumpulan peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis, yang ditujukan untuk mengikat kedua belah pihak yang melakukan perjanjian asuransi (penanggung dan tertanggung).Berdasarkan ketentuan yang tertulis dalam Pasal 246 KUHD, dengan jelas dikatakan bahwa asuransi atau pertanggungan adalah sebuah perjanjian yang mengikat penanggung kepada tertanggung dengan cara menerima sejumlah premi yang dimaksudkan untuk menjamin penggantian terhadap tertanggung akibat adanya kerugian yang timbul, terjadinya kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, hal tersebut mungkin akan terjadi akibat terjadinya suatu evenemen (peristiwa yang tidak pasti).

Hukum Dagang merupakan sebuah aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dengan yang lainnya khususnya dalam perniagaan. 

Hukum Dagang ialah hukum perdata khusus. 

Dalam hubungannya dengan hal tersebut berlaku adagium lex specialis derogat lex generalis (hukum khusus menghapus hukum umum)

Hukum Internasional adalah bagian hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala internasional.

Pada awalnya Hukum Internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antarnegara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yang semakin kompleks, pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku organisasi internasional dan pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu.

Hukum Internaional adalah hukum bangsa-bangsa, hukum antar bangsa atau hukum antar negara. hukum bangsa-bangsa dipergunakan untuk menunjukkan pada kebiasaan dan aturan hukum yang berlaku dalam hubungan antara raja-raja jaman dahulu. hukum antar bangsa atau hukum antar negara menunjukkan pada kompleks kaidah dan asas yang mengatur hubungan antara anggota masyarakat bangsa-bangsa atau negara

Page: 1 2 ()