Prodi Ilmu Komunikasi

Page: 1 2 ()

KOMUNIKASI MASSA IK-2212

Matakuliah Desain Grafis 3 SKS, mengajarkan pengetahuan dan keterampilan desain grafis untuk mendukung profesi Public Relation sebuah perusahaan.


Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial lebih menekankan pada metode penelitian kuantitatif (paradigma positivistik) dalam menelaah dan menganalisis fenomena komunikasi. Kajian mata kuliah MPS teridir dari : proses penelitian kuantitatif, konsep dasar penelitian kuantitatif (konsep, konstruk, variabel, indikator), populasi dan sampel, Penyusunan kuisioner, Analisa Data Kuantitatif, Model Penelitian Komunikasi. 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah MPS adalah meletakkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan metode penelitian kuantitatif dalam penelitian komunikasi, khususnya dalam membuat tugas akhir/skripsi dengan menggunakan metode kuantitatif.

Outcome Pembelajaran adalah setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa membuat dan menyusun usulan proposal penelitian kuantittaif

salah satu mata kuliah wajib PR yang berfungsi sebagai bekal mahasiswa untuk dapat mengetahui, memahami hingga dapat mengaplikasikan bentuk iklan secara sederhana sebagai bentuk komunikasi visual. Matakuliah ini memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi.



salah satu mata kuliah wajib PR yang berfungsi sebagai bekal mahasiswa untuk dapat mengetahui, memahami hingga dapat mengaplikasikan bentuk iklan secara sederhana sebagai bentuk komunikasi visual. Matakuliah ini memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi.



Setelah menyelesikan mata kuliah ini mahasiswa dapat:

1. Mengekspresikan opini dan pengisahan dalam bahasa Inggris

2. Menulis paragraph dan essay secara terstruktur dalam bahasa Inggris

After attending this course students can:
a. Compile presentation material in English
b. Deliver verbally presentation material in English

Matakuliah ini mengajarkan Interpersonal Skills

Jurnalisme Foto adalah mata kuliah lanjutan dari mata kuliah fotografi. Dimana mata kuliah ini untuk konsentrasi Jurnalistik.


Matakuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Metode Penelitian Sosial (MPS).

berisi menu (bahasan): (1) ruang lingkup object matter yang bisa dipilih sebagai alternatif mahasiswa bidang kajian (2) bidang yang bisa dipilih bisa meliputi taxonomi antara level komunikasi, bidang, dan konteks (3) level komunikasi meliputi : komunikasi antar pribadi, komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi, komunikasi organisasi, komunikasi publik, dan komunikasi massa (4)bidang komunikasi mengikuti katagori Alo Liliweri (komunikasi politik, komunikasi bisnis


Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila sebagai bagian dari pendidikan Nasional bertujuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami teknik-teknik wawancara dan mengimplementasikannya dalam karya jurnalistik berita dalam ragam jenisnya

Mata kuliah ini mengajarkan

Page: 1 2 ()