Prodi Teknologi Pangan dan Gizi 

Mata Kuliah Enzimologi ini berisi bahasan mengenai prinsip dasar tentang enzim, penamaan serta penggolongan enzim, kinetika reaksi enzimatis dan reaksi penghambatannya serta pengaruh lingkungan terhadap reaksi enzimatis, bagaimana enzim diisolasi dan dipurifikasi, dan pemahaman berbagai macam enzim yang banyak dimanfaatkan dalam industri pangan misalnya karhohidrase, lipase, protease, serta manfaat enzim tersebut dalam industri pangan.

Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menguasai berbagai jenis pengolahan bahan pangan  yang berbahan baku nabati / tumbuhan yang meliputi pengolahan pemanasan, pendinginan, dehidrasi, penambahan Bahan Tambahan Makanan (BTM), fermentasi dan iradiasi yang didasarkan pada sifat, karakteristik, komponen gizi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk pangan yang dihasilkan ditinjau dari segi fisik, kimawi, mikrobiologi dan organoleptik dan dapat menerapkan keilmuannya di masyarakat.


Setelah menyelesaikan kuliah pertama mahasiswa diharapkan akan mampu memahami berbagai latar belakang dan alasan perlunya pengetahuan tentang kimia analitik dan kaitannya dengan kegiatan analisis di laboratorium, hasil data dan perhitungan yang dilakukan serta aplikasinya di bidang pangan.

Diskripsi mata kuliah/Capaian Pembelajaran

1.  Mem

Matakuliah ini mengajarkan tentang makanan yang menjadi penghambat metabolisme dalam tubuh manusia. selain itu mengajarkan makanan yang bersifat racun dan mengganggu metabolisme dalam tubuh. 

mahasiswa mampu melakukan analisa boraks secara kualitatif dan kuantitatif