Prodi Budidaya Perairan 

Mata kuliah MTL & AMDAL BUDIDAYA berisi pokok-pokok bahasan antara lain, prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan budidaya berbasis daya dukung lingkungan sehingga diperoleh produktivitas yang optimal, pengertian dan manfaat AMDAL (analisa mengenai dampak lingkungan), pelingkupan metode identifikasi dampak, metode prakiraan perairan. Restorasi dan rehabilitasi lingkungan budidaya. Kapasitas dan daya dukung lingkungan, perencanaan dan tata ruang kawasan budidaya perikanan. Lay out dan desain tempat/lokasi budidaya, perencanaan penanganan dan pengelolaan limbah budidaya, asessibilitas, sarana dan prasarana budidaya.


Mata kuliah Desain Kontruksi Kolam Ikan berisi pokok-pokok bahasan antara lain dasar-dasar pembangunan perkolaman atau tambak, kriteria dan survey lokasi perkolaman atau tambak, tata letak, desain dan konstruksi kolam atau tambak, teknik dan struktur pengadaan air serta sarana dan prasarana lainnya. Praktikum akuakultur engineering berisi pokok-pokok bahasan mengenai aplikasi ilmu Desain Kontruksi Kolam Ikan dalam kegiatan akuakultur.

mata kuliah ini berisi tentang 

Mempelajari pengertian dan ruang lingkup perairan tawar, tipe dan zonasi perairan tawar, stratifikasi dan sifat fisika, kimia  dan biologi     perairan tawar dan hubungannya, assosiasi  biota dan perairan, penggolongan air tawar berdasarkan kesuburan, peranan bahan organic dan siklus unsure hara di perairan tawar.

Menjelaskan tentang gugus, sistem persamaan linear, determinan, vektor dan operasinya, transformasi linear dan sifat serta ruang vektor.

Menjelaskan tentang makanan ikan dan pendukungnya, kebiasaan makanan ikan, pencernaan makanan, penggunaan makanan di dalam tubuh ikan, zat-zat gizi dalam makanan, penggunaan dan sifat pakan buatan, nilai penting pakan buatan, bahan baku pakan buatan, menyusun ramuan pakan, pembuatan pakan buatan, pengujian mutu pakan buatan dan penggunaan serta penyimpanannya.