Prodi Agrobisnis Perikanan 

EKONOMI MIKRO

 

I. PENDAHULUAN

II. TEORI KESEIMBANGAN PASAR (MARKET EQUILIBRIUM)

III. TEORI KEGUNAAN

IV. STRUKTUR PASAR


EVALUASI PROYEK

 

I. PENGERTIAN PROYEK

II. TAHAP-TAHAP SIKLUS PROYEK

III. UNSUR-UNSUR KRITIS DALAM FORMULASI PROYEK

IV. TUJUAN SERTA KRITERIA ANALISIS PROYEK

V. ANALISIS PRIVAT DAN ANALISIS EKONOMI


Mata kuliah bioteknologi merupakan mata kuliah yang dirancang untuk penguasaan kompetensi dasar prinsip bioteknologi yang menyangkut isolasi gen, kloning gen, Fermentasi, rekombinasi gen dan transfer gen melalui teknik biologi molekuler guna mengaplikasikan prinsip genetika molekuler ikan dalam budidaya ikan pada program studi perikanan.


Dalam penyelesaian persdoalan linear progrmming ada dua cara
1. Cara peneyelesian dengan model curve 
2. Penyelesaian dengan cara Tabel Simplek

Untuk materi kuliah kali ini menjelaskan cara penyelesian dengan model curve 
cara ini hanya bisa dilakukan dengan dua variabel

Perumusan Masalah Penelitian

2 Perumusan Masalah Titik awal suatu penelitian.
Pertanyaan-pertanyaan penting yang ingin dijawab dalam penelitian.Dirumuskan dari masalah yang sudah diidentifikasi, dipilih dan atau dibatasi.Titik acuan untuk: penyusunan tujuan, pengajuan hipotesis, analisis data, dan kesimpulan.

3 Tujuan Perumusan Masalah :
Meletakkan dasar untuk memecahkan beberapa penemuan penelitian sebelumnya ataupun dasar untuk penelitian selanjutnyaUntuk memudahkan pengajuan hipotesis, analisis data dan kesimpulan.Memenuhi keinginan sosialMeyediakan sesuatu yang bermanfaat

4 Cara merumuskan masalah
Dirumuskan dalam bentuk pertanyaan.Rumusan hendaknya jelas dan padat.Fokus pada variabel yang diteliti (baik dependent/independent variables).Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah.Rumusan masalah dasar dalam membuat hipotesa.

5 Misalnya: Apakah urea dapat memperbaiki kualitas air kolam ikan tawes?
Apakah urea dapat meningkatkan pertumbuhan ikan tawes?Pada level berapa urea diberikan pada kolam ikan tawes untuk mengahsilkan pertumbuhan terbaik?Bagaimana bentuk respon pemberian urea pada pertumbuhan ikan tawes?



1.Konsep Agribisnis  dan Perikanan
2.Review Konsep Manajemen dan aplikasinya dalam agribisnis perikanan (Manajemen Produksi, Pemasaran, …)
3.Pentingnya sektor perikanan bagi perekonomian
4.Bentuk-bentuk Badan Usaha dalam Agribisnis Perikanan
5.Penggunaan Teori-teori Ekonomi dalam Agribisnis Perikanan
6.Aplikasi Manajemen dalam Agribisnis Perikanan
7.Pembiayaan Usaha dalam Agribisnis Perikanan
8.Pengembangan Agribisnis melalui program MINAPOLITAN
9.Kontribusi Agribisnis Perikanan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Peranan Organisasi dalam pengembangan Agribisnis

Merupakan mata kuliah wajib yang membahas tentang dunia mikroba dari mulai dasar-dasar pemahaman mikrobiologi hingga aplikasi ilmu mikrobiologi khususnya di bidang perikanan. Mahasiswa diberikan pemahaman bahwa dunia perikanan saat ini sangat membutuhkan teknologi mikrobiologi untuk mengatas beberapa kendala di bidang perikanan.

Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi disuatu wilayah, berkaitan dengan kedudukan individu atau kedudukan seseorang dalam konteks kemasyarakatannya seluas-luasnya yang berguna untuk memuliakan kehidupan manusia dari masa kemasa.

 

Sosiologi Masyarakat Pesisir adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi pada masyarakat di wilayah pesisir, berkaitan dengan kedudukan individu terhadap kedudukan masyarakat mencakup interaksi seluas-luasnya dari masa kemasa yang bertujuan untuk kemulian kehidupan masyarakat pesisir.

 

Sosiologi Masyarakat Perikanan adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi pada masyarakat perikanan, berkaitan dengan kedudukan individu terhadap kedudukan masyarakat mencakup interaksi seluas-luasnya dari masa kemasa yang bertujuan untuk kemulian kehidupan masyarakat perikanan dengan focus komoditas perikanan. Berkaitan dengan pemanfaatan, pelestarian dan keberlanjutan usaha perikanan.


Tata Letak Perencanaan Pabrik merupakan bidang kajian yang mengupas tentang urgensi perencanaan pendirian suatu pabrik, prosedur, sistem dan perancangan proses yang terkait didalamnya. Selain itu Mata Kuliah ini juga memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang managemen kontrol dan eksternalitas yang ditimbulkan dalam perencanaan tata letak. Sehingga dengan mengikuti mata kuliah ini, peserta didik akan mendapatkan gambaran secara konprehensif terkait bagaimana perencangan pendirian pabrik (khususnya terkait pabrik perikanan) dari penentuan lokasi, proses internal pabrik hingga eksternalitas yang ditimbulkan.

 

Topik Perkuliahan terdiri dari:


·         Ruang lingkup perencanaan tata letak 

·         Faktor-faktor pertimbangan dalam menentukan lokasi

·         Penentuan prioritas alternatif lokasi pendirian pabrik

·         Perencanaan bangunan pabrik

·         Kebutuhan peralatan dan internal pabrik

·         Perancangan Proses

·         Perancangan aliran bahan

·         Perencanaan keterkaitan kegiatan

·         Eksternalitas yang ditimbulkan pabrik