Prodi Agrobisnis Perikanan 

Tata Letak Perencanaan Pabrik merupakan bidang kajian yang mengupas tentang urgensi perencanaan pendirian suatu pabrik, prosedur, sistem dan perancangan proses yang terkait didalamnya. Selain itu Mata Kuliah ini juga memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang managemen kontrol dan eksternalitas yang ditimbulkan dalam perencanaan tata letak. Sehingga dengan mengikuti mata kuliah ini, peserta didik akan mendapatkan gambaran secara konprehensif terkait bagaimana perencangan pendirian pabrik (khususnya terkait pabrik perikanan) dari penentuan lokasi, proses internal pabrik hingga eksternalitas yang ditimbulkan.

 

Topik Perkuliahan terdiri dari:


·         Ruang lingkup perencanaan tata letak 

·         Faktor-faktor pertimbangan dalam menentukan lokasi

·         Penentuan prioritas alternatif lokasi pendirian pabrik

·         Perencanaan bangunan pabrik

·         Kebutuhan peralatan dan internal pabrik

·         Perancangan Proses

·         Perancangan aliran bahan

·         Perencanaan keterkaitan kegiatan

·         Eksternalitas yang ditimbulkan pabrik


Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi disuatu wilayah, berkaitan dengan kedudukan individu atau kedudukan seseorang dalam konteks kemasyarakatannya seluas-luasnya yang berguna untuk memuliakan kehidupan manusia dari masa kemasa.

 

Sosiologi Masyarakat Pesisir adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi pada masyarakat di wilayah pesisir, berkaitan dengan kedudukan individu terhadap kedudukan masyarakat mencakup interaksi seluas-luasnya dari masa kemasa yang bertujuan untuk kemulian kehidupan masyarakat pesisir.

 

Sosiologi Masyarakat Perikanan adalah ilmu yang membicarakan apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang seharusnya terjadi pada masyarakat perikanan, berkaitan dengan kedudukan individu terhadap kedudukan masyarakat mencakup interaksi seluas-luasnya dari masa kemasa yang bertujuan untuk kemulian kehidupan masyarakat perikanan dengan focus komoditas perikanan. Berkaitan dengan pemanfaatan, pelestarian dan keberlanjutan usaha perikanan.


Merupakan mata kuliah wajib yang membahas tentang dunia mikroba dari mulai dasar-dasar pemahaman mikrobiologi hingga aplikasi ilmu mikrobiologi khususnya di bidang perikanan. Mahasiswa diberikan pemahaman bahwa dunia perikanan saat ini sangat membutuhkan teknologi mikrobiologi untuk mengatas beberapa kendala di bidang perikanan.

1.Konsep Agribisnis  dan Perikanan
2.Review Konsep Manajemen dan aplikasinya dalam agribisnis perikanan (Manajemen Produksi, Pemasaran, …)
3.Pentingnya sektor perikanan bagi perekonomian
4.Bentuk-bentuk Badan Usaha dalam Agribisnis Perikanan
5.Penggunaan Teori-teori Ekonomi dalam Agribisnis Perikanan
6.Aplikasi Manajemen dalam Agribisnis Perikanan
7.Pembiayaan Usaha dalam Agribisnis Perikanan
8.Pengembangan Agribisnis melalui program MINAPOLITAN
9.Kontribusi Agribisnis Perikanan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Peranan Organisasi dalam pengembangan Agribisnis