Tabel 1. Mapping Table
Judul Mata kuliah : Hukum dan Peraturan Perikanan
Kode Mata kuliah :
Semester :
SKS : 2
Pengajar : Ir. Samsul Huda, MP
Deskripsi Mata kuliah : Mata kuliah ini memberikan kemampuan memahami ruang lingkup Hukum dan Peraturan Perikanan, merancang dan mengevaluasi Program kegiatan Perikanan terkait aturan hukum yang berlaku; menganalisis ketepatan pelaksanaan dan permasalahan.
Capaian pembelajaran :
1. Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup Hukum dan Peraturan Perikanan
2. Mahasiswa mampu merancang dan mengevaluasi Program kegiatan Perikanan
3. Mahasiswa mampu menganalisis ketepatan pelaksanaan dan permasalahan di lapangan.
No. |
Pokok Bahasan |
Dokumen |
Gambar/Animasi |
Audio/video |
Tes/quis/tugas |
Waktu |
Lingk:Url |
Metode |
1. |
Ruang likup Hukum dan Peraturan Perikanan |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
2. |
Sejarah Konsep- hukum keberadaan lautan |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
3. |
Hukum laut Internasional sebelum UNCLOS |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
4. |
Zona laut Teritorial |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
5. |
Zona laut Kepulauan |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
6. |
Zona Ekonomi Exlusiv |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
7 |
Aturan dan ketentuan pada kawasan ZEE |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
8. |
Sejarah Peraturan Perikanan dan hukum di Indonesia |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
9. |
UTS |
|
|
|
|
|
|
|
10. |
Hukum Kelautan Indonesia |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
11. |
Hukum Perikanan Indonesia |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
12. |
Perkembangan agribisnis Perikanan Indonesia |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
13. |
Upaya pelestarian Lingkungan dan sumberdaya ikan |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
14. |
IUU FISHING |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
15. |
Sengketa batas maritime |
docx |
PPT & jpg |
- |
- |
100 ‘ |
- |
Kuliah dan diskusi |
16. |
UAS |
|
|
|
|
|
|
|
Bahasan 1.
Kuliah Awal Lingkup materi
E-learning
Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki keaneka ragaman hayati laut berbeda dengan negara lainya, perkembangan ekonomi dan keberlanjutan kehidupan manusia terhadap kebutuhan pangan sangat erat kaitanya sumberdaya alam yang dimiliki. Ciri khas bidang perikanan adalah sangat tergantung pada sektor penangkapan utamanya pada terciptanya sumberdaya yang berkelanjutan, karena duperlukan manajemen dalam pengelolaanya agar tidak terjadi kelebihan tangkap (over fishing) karena pengelolaan yang buruk, hal ini termasuk dalam lingkup tantangan kelembagaan tata kelola dan ekonomi.
Sejarah konsepsi mengenai laut :
1.res nullius, konsepsi ini menyatakan bahwa laut tidak
ada pemiliknya, sehingga dapat diambil dan dimiliki oleh tiap-tiap negara
2. res communis, konsepsi ini menyatakan bahwa laut adalah milik bersama,
masyarakat dunia sehingga tidak dapat diambil dan dimiliki oleh tiap-tiap
negara
- Teacher: samsul huda
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
Deskripsi Singkat Mata Kuliah:
Mata kuliah ini memberikan pengantar mengenai perikanan tangkap dalam lingkup Teknologi Penangkapan Ikan, Teknologi Alat Penangkapan Ikan, Kepelabuhanan Perikanan dan Kebijakan Pengelolaan, Kapal dan Transportasi Perikanan serta Sistem dan Kebijakan Perikanan Tangkap
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
KLIMATOLOGI DASAR
Ruang lingkup Klimatologi, Peranan iklim dalam kehidupan manusia, hewan dan tanaman,. Lapisan atmosfer dan susunan komposisinya. Mekanisme terjadinya variasi unsur iklim di permukaan bumi (Radiasi Matahari : Suhu udara dan tanah; Kelembaban udara; Angin dan tekanan udara; Keawanan; Evaporasi dan evapotranspirasi; Presipitasi). Pengelolaan dan interpretasi data. Pengenalan metode penggolongan tipe iklim.
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
- Teacher: sumaryam sumaryam
Mata kuliah ini memberikan kemampuan memahami ruang
lingkup Teknik
Pemetaan Daerah Penangkapan Ikan, merancang dan menyusun Pra kiraan Peta Daerah Penangkapan Ikan
serta; menganalisis ketepatan Daerah Penagkapan Ikan.
- Teacher: samsul huda
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
- Teacher: TAJUDDIN NOOR
- Teacher: YUSRUDIN YUSRUDIN
Menegenalkan berbagai bahan, alat dan metoda penangkapan ikan serta pelabuhan perikanan
- Teacher: tajudin noor
- Teacher: sumaryam sumaryam
- Teacher: sumaryam sumaryam
MATERI PERTEMUAN MINGGU 1
UNIVERSITAS DR. SOETOMO
Jl. Semolowaru 84 Surabaya
ANALISIS INSTRUKSIONAL
Mata Kuliah : Menejemen Operasi Penangkapan Ikan
Semester/Bobot :VII/3 Sks
Dosen Pengampu : Ir. Samsul Huda, MP
1. Penentuan Capaian Pembelajaran
Matakuliah : Manajemen Operasi Penangkapan
Bidang Kemampuan |
Deskripsi tingkat kemampuan |
Deskripsi tingkat keluasan dan kerumitan materi keilmuan |
Kognitif |
Menjelaskan (C1) dan menganalisis (C4) |
Menjelaskan dan menganalisis persoalan sistem dalam bidang perikanan tangkap. |
Psikomotorik |
Membuat (P2) |
Membuat model sistem bidang perikanan tangkap. |
Afektif |
Mengasumsikan penilaian (A3) |
Mengasumsikan model estimasi produksi sumberdaya perikanan tangkap. |
Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan, mengasumsikan dan membuat : pendekatan sistem dalam operasi penangkapan ikan guna menunjang industri perikanan tangkap (C2, A3, P2)
|
2. Penetapan Kemampuan Akhir yang direncanakan dan indikator
Matakuliah |
: Manajemen Oprarasi Penangkapan Ikan |
|
|||||
|
Capaian Pembelajaran |
:
|
|
||||
No |
Kemampuan Akhir yang direncanakan |
Indikator |
Materi |
|
|||
1 |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan wirausaha dan impian (C2)
|
1.1. Dapat menjelaskan impian menjadi wirausaha. |
1.1 Impian menjadi wirausaha. |
|
|||
1.2. Dapat menjelaskan impian harus Smart |
1.2 Impoian Smart |
|
|||||
1.3.Dapat menjelaskan pengertian entrepreneur |
1.3 Pengertian entrepreneur. |
|
|||||
1.4.Dapat menjelaskan pendapat para pakar mengenai kewirausahaan. |
1.4 Pendapat pakar mengenai kewirausahaan |
|
|||||
1.5.Dapat menjelaskan keuntungan dan kerugian wirausaha. |
1.5 Keuntungan dan kerugian wirausaha. |
|
|||||
1.6.Dapat menjelaskan langkah langkah memulai wirausaha. |
1.6 Langkah mulai wirausaha. |
|
|||||
2
|
2.Mahasiswa mampu Menjelaskan karakter kewirausahaan (C2) |
2.1.Dapat menjelaskan karakter wirausaha. |
2.1. Karakter wirausaha. |
|
|||
2.2.Dapat menjelaskan faktor penyebab kegagalan wirausaha. |
2.2 Faktor penyebab kegagalan wirausaha. |
|
|||||
3 |
3. Mahasiswa mampu menjelaskan penentuan peluang usaha (C2) |
3.1.Dapat menjelaskan penentuan peluang usaha. |
3.1 Penentuan peluang usaha. |
|
|||
3.2.Dapat menjelaskan lapangan dan pengembangan gagasan usaha. |
3.2 Pengembangan gagasan usaha. |
|
|||||
4.
|
4. Mahasiswa mampu menjelaskan ketegasan dalam aspek produksi (C2)
|
4.1.Dapat menjelaskan definisi produksi. |
4.1. Definisi produksi . |
|
|||
4.2.Dapat menjelaskan kebutuhan proses produksi . |
4.2. Kebutuhan dalam proses produksi . |
|
|||||
4.3.Dapat menjelaskan bahan baku . |
4.3. Macam bahan prodiksi. |
|
|||||
4.4.Dapat menjelaskan biaya produksi. |
4.4 Biaya dalam proses produksi. |
|
|||||
4.5.Dapat menjelaskan proses produksi. |
4.5 Proses produksi. |
|
|||||
4.6.Dapat menjelaskan pengendalian produksi. |
4.6 Pengendalian produksi. |
|
|||||
5. |
5.Mahasiswa mampu Menjelaskan dan menerapkan komunikasi dalam wirausaha (C3)
|
5.1 Dapat menjelaskan dan menerapkan pengertian komunikasi . |
5.1 Pengertian komunikasi. |
|
|||
5.2 Dapat menjelaskan dan menerapkan komponen komunikasi . |
5.2 Penerapan komponen komunikasi. |
|
|||||
5.3 Dapat menjelaskan dan menerapkan tujuan dan fungsi komunikasi . |
5.3 Tujuan dan fungsi komunikasi. |
|
|||||
5.4 Dapat menjelaskan dan menerapkan kegunaan komunikasi . |
5.4 Kegunaan komunikasi. |
|
|||||
5.5 Dapat menjelaskan dan menerapkan komunikasi dalam organisasi. |
5.5 Komunikasi dalam organisasi. |
|
|||||
5.6 Dapat menjelaskan dan menerapkan teknik Presentasi. |
5.6 Teknik presentasi. |
|
|||||
5.7 Presentasi. |
5.7 Presentasi paper. |
|
|||||
6. |
6.Mahasiswa mampu menjelaskan “fishing ground” dalam penangkapan ikan (C2)
|
6.1 Dapat menjelaskan pengertian “fishing ground” dalam penangkapan ikan. |
6.1 Terbentuknya “fishing ground” penangkapan ikan. |
|
|||
6.2 Dapat menjelaskan macam “fishing ground” dalam penangkapan ikan. |
6.2 Jenis “fishing ground” penangkapan ikan. |
|
|||||
6.3 Dapat menjelaskan ciri-ciri “fishing ground” dalam penangkapan ikan. |
6.3 Ciri deteksi secara fisik dan analisis peta potensi “fishing ground” penangkapan ikan. |
|
|||||
7. |
7.Mahasiswa mampu menjelaskan analisa sistem dalam perikanan tangkap (C2) |
7.1 Dapat menjelaskan model analisis sistem dalam perikanan tangkap. |
7.1 Jenis macam model dalam sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||
7.2 Dapat menjelaskan model analisis sistem hubungannya dengan jarak daerah tangkapan. |
7.2 Model analisis sistem dengan penentuan daerah tangkapan. |
|
|||||
7.3 Dapat menjelaskan model analisa sistem hubungannnya dengan penanganan hasil tangkapan. |
7.3 Model analisis sistem dengan penanganan hasil tangkapan. |
|
|||||
8. |
8.Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan sistem dalam perikanan tangkap (C2). |
8.1 Dapat menjelaskan pemilihan penggunaan sistem dalam perikanan tangkap. |
8.1 Pemilihan penggunaan sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||
8.2 Dapat menjelaskan pemilihan penggunaan sistem hubungannya dengan keberlanjutan sumberdaya perikanan tangkap. |
8.2 Pemilihan penggunaan sistem hubungannya dengan keberlanjutan sumberdaya perikanan tangkap. |
|
|||||
8.3 Dapat menjelaskan pemilihan penggunaan sistem hubungannya peraturan per undang undangan pemerintah dalam penggunaan jenis alat tangkap. |
8.3 Pemilihan penggunaan sistem hubungannya dengan penerapan peraturan pemerintah tentang pemilihan jenis alat tangkap. |
|
|||||
9. |
9.Mahasiswa mampu membuat sistem dalam perikanan tangkap (P2)
|
9.1 Dapat membuat disain sistem dalam perikanan tangkap. |
9.1 Disain sistem dalam dalam perikanan tangkap. |
|
|||
9.2 Dapat menjelaskan keunggulan dan kelemahan penggunaan sistem dalam perikanan tangkap. |
9.2 Keunggulan dan kelemahan penggunaann sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
9.3 Dapat menjelaskan solusi pemecahan kelemahan sistem dalam penggunaan jenis alat tangkap. |
9.3 Solusi pemecahan masalah kelemahan suatu sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
10. |
10.Mahasiswa mampu menjelaskan sistem industri perikanan tangkap (C2) |
10.1 Dapat menjelaskan sistem industri perikanan tangkap. |
10.1 Sistem industri perikanan tangkap. |
|
|||
10.2 Dapat menjelaskan sistem industri hubungannya dengan penggunaan model sistem dalam perikanan tangkap. |
10.2 Sistem industri perikanan tangkap hubungannya dengan sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
10.3 Dapat menjelaskan sistem industri hubungannya dengan jenis hasil tangkapan dengan sistem dalam perikanan tangkap. |
10.2 Sistem industri perikanan tangkap hubungannya jenis spesies dengan sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
11. |
11.Mahasiswa mampu menjelaskan pemodelan sistem perikanan tangkap (C2)
|
11.1 Dapat menjelaskan pemodelan sistem perikanan tangkap. |
11.1 Pemodelan sistem perikanan tangkap. |
|
|||
11.2Dapat menjelaskan keunggulan dan kelemahan pemodelan sistem perikanan tangkap. |
11.2 Keunggulan dan kelemahan pemodelan sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
11.3Dapat menjelaskan solusi kelemahan pemodelan sistem perikanan tangkap. |
11.3 Solusi kelemahan pemodelan sistem dalam perikanan tangkap. |
|
|||||
12. |
12.Mahasiswa mampu mengasumsikan estimasi produksi perikanan tangkap (A3)
|
12.1 Dapat menjelaskan macam analisis estimasi produksi tangkap. |
12.1 Macam model estimasi produksi perikanan tangkap. |
|
|||
12.2 Dapat menjelaskan persyaratan penggunaann jenis model analisis estimasi produksi tangkap. |
12.2 Persyaratan penggunaan pemilihan model estimasi peroduksi tangkapan. |
|
|||||
12.2 Dapat menjelaskan hasil analisis penggunaan model estimasi produksi tangkap. |
11.3 Analisis hasil penerapan model estimasi produksi. |
|
|||||
- Teacher: samsul huda
- Teacher: ully wulandari
Membahas tentang pendekatan sistem dalam operasi penangkapan ikan; pendekatan sistem dalam menunjang industri perikanan tangkap
- Teacher: samsul huda