Prodi Manajemen 

Page: 1 2 ()

Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi diaharapkan mampu mengembangkan sikap dan perilaku kewarganegaraan yang mengapresiasi nilai-nilai moral-etika dan religius, menjadi warganegara yang cerdas berkarakter, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme, rasa cinta pada tanah air serta mampu mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan


Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang ruang lingkup suatu usaha bisnis, sistem dan lingkungan bisnis, kegiatan operasional bisnis yang terdiri dari fungsi produksi, pemasaran, SDM, keuangan, administrasi dan akutansi serta kewirausahaan, penganganan resiko dan strategi bisnis.


Topik yang dibahas yaitu arti pentingnya pembangunan bagi Negara sedang berkembang,bagaimana mengetahui keberhasilan pembangunan Negara tersebut dan teori – teori yang membahas tentang syarat keberhasilan pembangunan dan masalah – masalah yang dihadapi dalam pembangunan.

Mata Kuliah Hukum Bisnis membahas tentang aspek hukum dari lembaga-lembaga keuangan yang penting dalam kegiatan bisnis atau usaha

Untuk mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah Komunikasi Pemasaran Terpadu yaitu Setelah Memperoleh Mata Kuliah ini Mahasiswa diharapkan mampu  Mengapliasikan dan mengevaluasi marketing communications tools yang spesifik,berbeda dan terpisah secara sinergis dan terkoordinasi, maka materi ini akan membahas Konsep Komunikasi, Konsep Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Direct Marketing & Periklanan, Sales  Promotion & Public Relation, Sponsorship & Personal Selling, Brand (Merek), Green Marketing, E-Marketing, Word of Mouth Marketing, Social Media Marketing, Experiential Marketing, Relationship Marketing dan Customer Relationship .

Matakuliah ini dimaksudkan untuk melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang dididik di dunia Perguruan tinggi  sehingga cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi bagaimana menjadi wirausaha, bagaimana mengembangkan mahasiswa untuk berpikir perubahan,  bagaimana mengembangkan mahasiswa untuk berpikir kreatif, bagaimana mengembangkan mahasiswa untuk berorientasi pada tindakan, Pengambilan risiko, Kepemimpinan, Etika Bisnis, Faktor X, Mencari Gagasan Usaha, Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha, Memulai Usaha Baru, Perencanaan dan Latihan membuka usaha Kedai Kopi.

Mata kuliah ini ditujukan pada mahasiswa yang mengambil konsentrasi SDM. Adapun tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan teknik dalam melakukan riset SDM, serta mentransfer kemampuan untuk melakukan riset SDM dengan menggunakan konsep yang benar, sampai membuat laporan riset SDM yang diperlukan dalam pembuatan rencana  dan pengambilan keputusan SDM. Topik bahasan  mata kuliah ini  meliputi: Gambaran ringkas Riset Sumber Daya Manusia; Penetapan Masalah Riset; Penentuan Design Rist; Metode Pengumpulan Data;  Penentuan Desain Pertanyaan, Skala, alat Analisis; Metode Pengumpulan Sampel; Pembuatan Proposal Riset SDM; Pengumpulan Data; Pengiditan, pengkodean,, pengimputan data; Analisis dan interpretasi hasil riset; Penyajian Laporan Riset; Aplikasi Praktis Riset SDM; Penyusunan laporan dan presentasi hasil riset.

Matakuliah Manajemen Stratejik ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan tujuan dalam hal proses, aktifitas, perkembangan manajemen stratejik, perbedaan Business Policy dan Manajemen Stratejik, konsep dasar dan konsep penyusun serta model manajemen stratejik, analisis SWOT dan Struktur Organisasi.

Mata kuliah ini memaparkan tentang hal-hal yang terkait langsung dengan dasar-dasar akuntansi, khususnya proses akuntansi yang umumnya dilakukan oleh sebuah organisasi usaha jasa . Materi perkuliahan ini meliputi konsep-konsep dasar akuntansi dan karakteristik bisnis serta peranan akuntansi dalam bisnis, siklus akuntansi yang mencakup identifikasi transaksi, proses yang meliputi journalizing, posting ke buku besar, dan pengikhtisaran dalam menghasilkan informasi akuntansi berupa laporan keuangan pada usaha jasa .


Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Bisnis Internasional ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai konsep teori Bisnis Internasional. Dalam perkuliahan dibahas berbagai teori dan permasalahan Globalisasi, Perbedaan Antar Negara, Perdagangan Global dan Lingkungan Investasi, Sistem Moneter Global.

Matakuliah MSDM Internasional ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai konsep teori MSDM Internasional. Dalam perkuliahan dibahas berbagai teori dan permasalahan perkembangan dunia, dasar-dasar manajemen internasional, Budaya Internasional, Manajemen Strategi Internasional, Strategi resiko politik dan pemerintah, Konsep Organisasi Internasional, Seleksi dan Pengembangan SDM Internasional, Perilaku Organisasi dan MSDM.

Page: 1 2 ()