Prodi Manajemen 

Page: 1 2 3 ()

Komunikasi pemasaran (bahasa Inggrismarketing communication) adalah mata kuliah dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.

Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.


Mata kuliah Kewirausahaan menguraikan tentang aspek-aspek terkait dengan kewirausahaan secara umum dan sistematis yang tercakup beberapa bidang ilmu terutama Akuntansi, Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran dalam bentuk proposal usaha atau business plan, melatih mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi jenis-jenis usaha dalam kehidupan keseharian di lingkungan terdekat mahasiswa seperti di lingkungan rumah mereka, proses identifikasi telah dilakukan, kemudian mahasiswa diminta untuk melakukan analisis keberhasilan wirausaha dimaksud sebagai proses belajar. Analisis yang dilakukan berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan wirausaha baik secara teoritis maupun analisis lapangan. Di akhir kuliah mahasiswa dapat dilatih untuk menjadi wirausaha muda mandiri melalui kegiatan aktif membuat suatu rancangan usaha ekonomi berdasarkan hasil analisis usaha yang telah dilakukan dan dapat melakukan pengembangan usaha yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau disebut dengan Technopreneurship.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan dari strategi marketing yang mencakup pengembangan, implementasi dan evaluasi dari strategi pemasaran untuk bisa mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG

  1. Mampu untuk merencanakan dan membuat strategi pemasaran beserta program pemasaran dari perusahaan baik untuk perusahaan jasa maupun perusahan yang memasakan produk
  2. Mampu melakukan perencanaan, implementasi dan pengelolaan strategi perusahaan

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

  1. Memahami konsep dan teori dari strategi pemasaran
  2. Mampu untuk memakai metode dan teknik untuk memformulasikan, implementasi dan mengevaluasi strategi marketing
  3. Mampu untuk membuat rencanan pemasaran strategis yang mencakup juga aspek keuangan didalamnya


Mata  kuliah Manajemen Lintas Budaya ini  difokuskan  pada  empat  perspektif  utama besert semua   variannya yait pemahaman peluang,   tantanga dan   refleksi multikultur dan lintas budaya di Indonesia. Fokus kajian pada sesi pertama adalah pemahaman dan beberapa pendekatan multikultur dan lintas budaya. Sesi kedua membahas  tentang  nasionalisme  damultikulturisme.  Pada  sesi ketiga  dibicarakan mengenai otonomi daerah dan multikulturalisme yang diikuti dengan pembahasan demokrasi dan multikulturalisme pada sesi keeempat. Perilaku sosial lintas budaya dibicarakan pada sesi kelima.  Perkuliahan diakhiri dengan sebuah pemikiran reflektif tentang multikultur dan lintas budaya (di) Indonesia pada masa mendatang.


Mata kuliah ini banyak membahas konsep, prinsip dan pendekatan serta proses manajemen dalam organisasi.

Dengan mata kuliah Pengantar Manajemen ini para mahasiswa khususnya kelas Manajemen A diharapkan dapat memahami dan mengerti serta mampu menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan suatu organisasi.


Statistika adalah ilmu yang merupakan cabang dari matematika terapan yang membahas metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, penyimpulan, penyajian, analisis data, serta penarikan kesimpulan yang sahih sehingga keputusan yang diperoleh dapat diterima

Pada era globalisasi seperti saat ini terdapat banyak perusahaan atau organisasi internasional. Tidak dapat di pungkiri tentunya ada elemen – elemen di dalam organisasi atau perusahaan itu sendiri yang terdiri dari berbagai macam negara, suku bangsa, adat istiadat, agama, dan watak. Oleh karena itu tentunya dalam mengelola perusahaan atau organisasi tersebut dibutuhkan sistem untuk mengatur agar profesionalitas dapat tetap terjaga. Kita ambil contoh apabila dalam suatu kelompok yang terdiri dari berbagai macam sudut pandang terjadi suatu perselisihan, maka disinilah manajemen lintas budaya ini akan digunakan.

Matakuliah Bahasa Inggris Ekonomi 

Mengapa kita harus mempelajari Manajemen Sumber Daya Manusia?
  1. Untuk menggali potensi manusia dalam organisasi sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.
  2. Manusia sebagai makhluk sosial yang unik harus menjadi fokus perhatian terhadap keinginan (wants) dan kebutuhannya (needs) yang harus dipenuhi.
  3. Manusia memiliki cita-cita untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui jalur karir yang ditempuhnya.
  4. Organisasi adalah kumpulan orang-orang kesuksesan orang-orang di dalamnya haruslah sesuai dengan tujuan organisasi yang ingin dicapai.

Sistem informasi manajemen adalah bagian pada kesatuan bisnis yang terus berubah dan memberikan tantangan baru dari waktu ke waktu. Bisnis modern tidak dapat bertahan lama tanpa menggunakan sistem informasi manajemen untuk mengelola data dalam jumlah besar,dan memberikan banyak informasi untuk belajar atau bekerja secara disiplin.


Matakuliah Pendidikan Anti Korupsi dengan bobot 1 sks berisi  materi : bentuk-bentuk korupsi, faktor penyebab korupsi, dampak masif korupsi, nilai-nilai anti korupsi dan upaya pencegahan korupsi. Tujuan mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi adalah  mahasiswa dapat memahami nilai-nilai anti korupsi sehingga menumbuhkan kesadaran diri dan terbentuk karakter yang anti terhadap korupsi.

Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi diaharapkan mampu mengembangkan sikap dan perilaku kewarganegaraan yang mengapresiasi nilai-nilai moral-etika dan religius, menjadi warganegara yang cerdas berkarakter, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme, rasa cinta pada tanah air serta mampu mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan


Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi diaharapkan mampu mengembangkan sikap dan perilaku kewarganegaraan yang mengapresiasi nilai-nilai moral-etika dan religius, menjadi warganegara yang cerdas berkarakter, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme, rasa cinta pada tanah air serta mampu mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan


Topik perkuliahan ini untuk membahas berbagai permasalahan dalam proses pembangunan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara Indonesia, dan negara–negara berkembang. Di dalamnya akan berisi berbagai teori pembangunan ekonomi sebagai pengantar, permasalahan umum yang dihadapi negara berkembang dan pemahaman terhadap strategi penyelesaiannya oleh negara sedang berkembang.


Dengan penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pendidikan Pancasila sebagai bagian dari pendidikan Nasional bertujuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.


Memberikan gambaran dan penjelasan secara menyeluruh terkait dengan cara kerja dan philosophy komputer dan Teknologi dan Sistem Informasi serta Aplikasinya dalam dunia bisnis


Page: 1 2 3 ()