Prodi Manajemen 

Mata kuliah ini ditujukan pada mahasiswa yang mengambil konsentrasi SDM. Adapun tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan teknik dalam melakukan riset SDM, serta mentransfer kemampuan untuk melakukan riset SDM dengan menggunakan konsep yang benar, sampai membuat laporan riset SDM yang diperlukan dalam pembuatan rencana  dan pengambilan keputusan SDM. Topik bahasan  mata kuliah ini  meliputi: Gambaran ringkas Riset Sumber Daya Manusia; Penetapan Masalah Riset; Penentuan Design Rist; Metode Pengumpulan Data;  Penentuan Desain Pertanyaan, Skala, alat Analisis; Metode Pengumpulan Sampel; Pembuatan Proposal Riset SDM; Pengumpulan Data; Pengiditan, pengkodean,, pengimputan data; Analisis dan interpretasi hasil riset; Penyajian Laporan Riset; Aplikasi Praktis Riset SDM; Penyusunan laporan dan presentasi hasil riset.

Matakuliah Manajemen Stratejik ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan tujuan dalam hal proses, aktifitas, perkembangan manajemen stratejik, perbedaan Business Policy dan Manajemen Stratejik, konsep dasar dan konsep penyusun serta model manajemen stratejik, analisis SWOT dan Struktur Organisasi.

Mata kuliah ini memaparkan tentang hal-hal yang terkait langsung dengan dasar-dasar akuntansi, khususnya proses akuntansi yang umumnya dilakukan oleh sebuah organisasi usaha jasa . Materi perkuliahan ini meliputi konsep-konsep dasar akuntansi dan karakteristik bisnis serta peranan akuntansi dalam bisnis, siklus akuntansi yang mencakup identifikasi transaksi, proses yang meliputi journalizing, posting ke buku besar, dan pengikhtisaran dalam menghasilkan informasi akuntansi berupa laporan keuangan pada usaha jasa .


Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Bisnis Internasional ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai konsep teori Bisnis Internasional. Dalam perkuliahan dibahas berbagai teori dan permasalahan Globalisasi, Perbedaan Antar Negara, Perdagangan Global dan Lingkungan Investasi, Sistem Moneter Global.

Matakuliah MSDM Internasional ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai konsep teori MSDM Internasional. Dalam perkuliahan dibahas berbagai teori dan permasalahan perkembangan dunia, dasar-dasar manajemen internasional, Budaya Internasional, Manajemen Strategi Internasional, Strategi resiko politik dan pemerintah, Konsep Organisasi Internasional, Seleksi dan Pengembangan SDM Internasional, Perilaku Organisasi dan MSDM.

Topik yang dibahas yaitu Pengertian perubahan dan pembangunan organisasi, Pengembangan organisasi dan SDM, Model Pengembangan Organisasi, Mengatasi kecenderungan menolak perubahan, Pentingnya Sumber daya Manusia, Peranan Konsultan Pengembangan Organisasi, Gaya Konsultan pengembangan organisasi, Strategi Intervensi, Kelompok sebagai sasaran strategi intervensi, Transformasi organisasi, Arah Pengembangan Organisasi di masa depan, Agenda Pengembangan Organisasi di masa depan

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang ruang lingkup suatu usaha bisnis, sistem dan lingkungan bisnis, kegiatan operasional bisnis yang terdiri dari fungsi produksi, pemasaran, SDM, keuangan, administrasi dan akutansi serta kewirausahaan, penganganan resiko dan strategi bisnis.

Memberikan gambaran dan penjelasan secara menyeluruh terkait dengan cara kerja dan philosophy komputer dan Teknologi dan Sistem Informasi serta Aplikasinya dalam dunia bisnis


Mata Kuliah ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang Pasar Modal dan pengambilan keputusan investasi dan pemilihan portofolio

Topik yang dibahas yaitu Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa , Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional, Perumusan Visi dan Misi Perusahaan Jasa , Segmentasi dan Penentuan Pasar Sasaran Jasa , Strategi Penentuan Posisi Jasa, Bauran Pemasaran Jasa, Strategi Produk, Mengelola Lingkungan Jasa, Strategi Penentuan Harga Jasa, Penyampaian/Distribusi Jasa, Strategi Promosi dan Komunikasi Jasa, Sumber Daya Manusia dalam Pemasaran Jasa, Manajemen Jasa dan Membangun Kepuasan, Loyalitas Pelanggan, Pemulihan Layanan dan Penanganan Keluhan Pelanggan

Pengantar Manajemen memberikan dasar-dasar tentang manajemen. Pokok-pokok bahasannya meliputi materi-materi berikut
1. Pengertian dan Ruang Lingkup Manajemen
2. Evolusi Pemikiran Manajemen
3. Perencanaan
4. Pengambilan Keputusan
5. Pengorganisasian
6. Pemimpinan
7. Pengendalian