Prodi Manajemen 

Page: 1 2 ()

Menjelaskan tentang, pengertian MSDM , strategi pengembangan MSDM,  perencanaan strategis MSDM, Peramalan Kebutuhan MSDM, Perencanaan Training & Development, Pengadaan Tenaga Kerja Dalam Praktek, Perencanaan Imbalan, Insentif dan Tunjangan, Contoh Kasus Penerapan Perencanaan SDM di Perusahaan Multi Nasional, Kesehatan Keselamatan Kerja ( K3 ) Dalam Perusahaan, Pembinaan SDM Berbasis Kompetensi Suatu Pendekatan Strategik 

Kewirausahaan merupakan suatu disiplin yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapinya. Dengan bekal ini diharapkan mahasiswa atau pembaca tertarik, terangsang dan terdorong untuk terus belajar kewirausahaan sehingga tumbuh semangat dan jiwa kewirausahaan yang kreatif, inovatif, mandiri, serta terus mencapai dan mengembangkan peluang-peluang baru yg lebih baik.

Mata kuliah ini memaparkan tentang pentingnya perkembangan pertumbuhan dan system ekonomi Indonesia, kebijakan – kebijakan makro sehingga mampu memberikan solusi dari permasalahan – permasalahan ekonomi makro terkait dengan   ketimpangan pendapatan, kemiskinan, pengangguran dan penanganan krisis global


MATA KULIAH BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA ADALAH MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN YANG MEMBEKALI PENGETAHUAN KEPADA MAHASISWA TENTANG LEMBAGA KUANGAN YANG MERUPAKAN JANTUNGNYA PEREKONOMIAN. DIMANA DALAM MATA KULIAH INI TERDIRI DARI 2 BAHASAN POKOK DALAM 2 SEMESTER YAITU LEMBAGA KEUANGAN DEPOSITORI (PERBANKAN) DAN LEMBAGA KEUANGAN NON DEPOSITORI (NON PERBANKAN). DAN DALAM MATERI INI MAHASISWA DIBEKALI DENGAN BERBAGAI TOPIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN LEMBAGA KEUANGAN DEPOSITORI YANG MELIPUTI ANTARA LAIN : 1. PENGERTIAN LEMBAGA KEUANGAN; 2. SEJARAH PERKEMBANGAN PERBANKAN; 3. ARSITEKTUR PERBANKAN INDONESIA; 4. BANK SENTRAL; 5. MACAM-MACAM PERBANKAN; 6. OPERASIONAL PERBANKAN; 7. LEMBAGA PENJAMIN SIMPANA, DLL


Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas mengenai konsep dan praktek manajemen dalam konteks dunia yang kompleks dan dinamis dalam lingkungan global yang selalu berubah. Pembahasan ditekankan pada pendekatan secara fungsional atau proses dalam studi manajemen, dimana materi pembahasan mencakup semua fungsi dan kegiatan yang penting dalam manajemen. Fungsi-fungsi tersebut mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling) serta penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka tercapainya tujuan organisasi. Hal ini memberikan suatu kerangka berpikir dalam menganalisa dan memahami sifat dasar pekerjaan dan sukses manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi-fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi diaharapkan mampu mengembangkan sikap dan perilaku kewarganegaraan yang mengapresiasi nilai-nilai moral-etika dan religius, menjadi warganegara yang cerdas berkarakter, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme, rasa cinta pada tanah air serta mampu mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan


Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang ruang lingkup suatu usaha bisnis, sistem dan lingkungan bisnis, kegiatan operasional bisnis yang terdiri dari fungsi produksi, pemasaran, SDM, keuangan, administrasi dan akutansi serta kewirausahaan, penganganan resiko dan strategi bisnis.


Topik yang dibahas yaitu arti pentingnya pembangunan bagi Negara sedang berkembang,bagaimana mengetahui keberhasilan pembangunan Negara tersebut dan teori – teori yang membahas tentang syarat keberhasilan pembangunan dan masalah – masalah yang dihadapi dalam pembangunan.

Mata Kuliah Hukum Bisnis membahas tentang aspek hukum dari lembaga-lembaga keuangan yang penting dalam kegiatan bisnis atau usaha

Setelah Memperoleh Mata Kuliah ini Mahasiswa diharapkan mampu  Mengapliasikan dan mengevaluasi marketing communications tools yang spesifik,berbeda dan terpisah secara sinergis dan terkoordinasi, maka materi ini akan membahas Konsep Komunikasi, Konsep Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Direct Marketing & Periklanan, Sales  Promotion & Public Relation, Sponsorship & Personal Selling, Brand (Merek), Green Marketing, E-Marketing, Word of Mouth Marketing, Social Media Marketing, Experiential Marketing, Relationship Marketing dan Customer Relationship .

Mata kuliah ini ditujukan pada mahasiswa yang mengambil konsentrasi SDM. Adapun tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai konsep-konsep dan teknik dalam melakukan riset SDM, serta mentransfer kemampuan untuk melakukan riset SDM dengan menggunakan konsep yang benar, sampai membuat laporan riset SDM yang diperlukan dalam pembuatan rencana  dan pengambilan keputusan SDM. Topik bahasan  mata kuliah ini  meliputi: Gambaran ringkas Riset Sumber Daya Manusia; Penetapan Masalah Riset; Penentuan Design Rist; Metode Pengumpulan Data;  Penentuan Desain Pertanyaan, Skala, alat Analisis; Metode Pengumpulan Sampel; Pembuatan Proposal Riset SDM; Pengumpulan Data; Pengiditan, pengkodean,, pengimputan data; Analisis dan interpretasi hasil riset; Penyajian Laporan Riset; Aplikasi Praktis Riset SDM; Penyusunan laporan dan presentasi hasil riset.

Page: 1 2 ()